Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Template (Tampilan) Blogger

Cara Mengganti Template (Tema) Blogger - Bagaimana cara mengubah tampilan blogger. Template blog adalah tampilan dari blog itu sendiri. yang mencakup dari desain elemen, tata letak header, sidebar dan footer yang ada di blog kita. anda dapat mengganti template blog sesuai keinginan anda.

Blogger sudah menyediakan beberapa template standar yang bisa kita gunakan. Untuk memilih serta mengganti template anda dengan beberapa template yang telah disediakan oleh blogger, anda harus masuk ke halaman template. dari dasbord blogger masuk ke menu halaman Template.

Gulir ke bawah untuk memilih beberapa template yang anda sukai. Klik template untuk memilih template yang anda inginkan, lalu klik Terapkan  ke blog untuk menerapkan template ke blog anda.

Anda juga dapat melakukan manual edit melalui Edit HTML, namun anda harus memiliki keahlian khusus untuk mengedit HTML, jika anda tidak mengerti mengenai bahasa HTML, saya sarankan untuk tidak melakukannya, karena jika ada kesalahan, hal itu akan menjadikan template anda error.

Anda juga dapat malkukan edit tingkat lebih lanjut melalui Desainer Template. untuk masuk ke halaman ini, silahkan menuju halaman Tata Letak, lalu klik pada Desainer Template. Pada halaman ini, anda dapat mengatur dan mengubah kolom serta lebar kolom halaman blog anda, lebar sidebar, serta anda juga dapat mengganti warna pada latar blog, background, serta ukuran dan warna font juga.

Namun jika anda kurang puas dengan template yang disediakan oleh blogger, anda juga dapat mengupload template dari pihak ketiga (dibuat oleh pihak lain), baik template berbayar atau template gratisan. Ada banyak sekali template gratisan yang ada di internet, silahkan anda browsing di Pencarian Google untuk mendapatkan template dengan gaya yang lebih professional.

Cara Unduh dan Unggah Template:
Untuk cara mengupload template yang anda dapat dari penyedia template, baik itu template gratisan atau template yang anda beli (premium). Cara Uploadnya cukup mudah.

- Silahkan masuk pada halaman Template, lihat pada bagian kanan atas, disitu terdapat tombol untuk melakukan Cadangkan/Pulihkan. Klik tombol tersebut, lalu akan muncul tampilan dibawah ini:

- Jika anda inging mengunduh template anda sebagai backup jika terjadi error, maka klik pada unduh template lengkap. saya sarankan untuk mengunduh template agar template sebelumnya yang anda ganti tidak hilang dan anda dapat mengembalikannya seperti semula. Template yang anda unduh akan tersimpan dengan format .xml

- Jika anda akan mengupload template milik anda sendiri. Klik pada Choose File, pilih dimana letak template anda tersebut. jika sudah klik Open, dan klik Unggah untuk mengunggah template pilihan anda.

Setelah selesai diunggah, silahkan lihat blog anda, dan tampilan pada blog anda sudah berubah sesuai dengan tampilan pada template yang anda pilih. Nah itulah cara untuk mengganti tempalte blogger.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Template (Tampilan) Blogger"